Penggunaan SEO dan beserta TIPS - OOKINFO
News Update
Loading...

9/07/2019

Penggunaan SEO dan beserta TIPS


ookinfo.com - SEO adalah Search Engine Optimization atau Pengoptimalan Mesin Penelusuran. Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat dan kualitas situs anda juga menghemat waktu dalam perloading page di situs anda, tapi juga sangat beresiko pada situs dan reputasi.

SEO sendiri dibagi menjadi 2 bagian yaitu :
  • On Page SEO
  • Off Page SEO

On page SEO adalah pengoptimalan performa pada bagian/struktur halaman situs anda dan mendapatkan kualitas nilai ranking di mesin pencarian.

Off Page SEO adalah optimasi yang dilakukan dari luar situs halaman anda yang mendukung sebuah eksistensi halaman utama, seperti Backlink, Social Share dsb.

Sebenarnya teknik-teknik optimasi mesin pencarian sudah dikenal. Ada banyak sekali versi SEO, menurut Search Engine Land, SEO diperkirakan lahir sekitar tahun 1991, hingga saat ini artikel ditulis, Ilmu belajar SEO blog telah ada kurang lebih 27 tahun bahkan sebelum Google Lahir.

Pada tahun 1990 menjadi tonggak awal meroket popularitas mesin pencarian, saat itu jumlah pengguna internet tidak sebanyak pada masa kini tapi sudah cukup bertambah  jika dibandingkan periode sebelumnya.

Internet adalah dunia yang sangat luas, konten informasi yang dibagikan sangat terbilang tak terhitung jumlahnya. Tanpa tool pencarian rasanya tidak mungkin kita bisa menemukan informasi dengan mudah.

Cara Optimasi SEO On Page

Dalam proses Belajar SEO terdapat bayak topik yang cukup luas untuk dibahas, terutama cara optimasi SEO On Page. Sampai dengan ini ada beberapa cara Optimasi sebagai berikut :

5 Komponen Utama Optimasi SEO On Page :
  1. Judul
  2. URL/Permalink
  3. Konten
  4. Heading
  5. Gambar

Komponen yang disebutkan diatas sangat menentukan dari beberapa faktor lainya.

1. Judul.
Setelah merangkum membuat kata kunci, anda diperlukan menentukan judul yang sesuai dengan kata kunci untuk digunakan, usahakan saat membuat judul tetap mengandung kata kunci.

Apa Saja yang perlu diperhatikan saat membuat judul?

  • Daya Tarik
  • Hindari Judul dengan Arti Ganda
  • Perhatikan Jumlah Karakter

Pada Intinya yang perlu diingat adalah calon pengunjung pasti datang dengan pertanyaan , jadi yang perlu dilakukan adalah membuat judul yang paling tidak menggambarkan jawaban dari sebuah pertanyaan.

2. URL/Permalink.
Jika anda pernah mengunjungi sebuah halaman situs maka pada setiap arikel yang dibuat akan menampilkan URL yang berbeda, terkadang ada yang menggunakan sebuah simbolik dan ada juga yang menggunakan judul arikel itu sendiri. Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat mengatur URL :
  • Hapus Kata Dasar.
  • Gunakan URL yang pendek.
  • Sambungkan tanda penghubung ("-").
  • Tempatkan kata kunci pada URL.

3. Konten.
Konten adalah sebuah inti dari Artikel. Konten yang memiliki nilai berualitas baik akan membuat pengunjung betah dan bertahan lama untuk membaca. Terkadang konten juga sangat berperan banyak untuk memperluas artikel anda.

Perlu diketahui bahwa saat ini algoritma google sudah mempertimbangkan isi konten untuk hasil pencarian di mesin pencarian. Tentu saja konten yang relevan dan sesuai topik yang sedang dibahas akan menaikan nilai SEO pada konten anda dan bisa saja mendapatkan tempat diatas pada hasil pencarian.

Perlu diperhatikan bahwa mesin pencarian hanya menampilkan satu baris konten, maka dari itu anda perlu menunjukkan jika artikel yang anda buat terdapat nilai dari isi konten yang meng-identifikasikan jawaban dari apa yang pengunjung cari. Bagaimana Membuat Konten yang SEO ?

  • Ulangi Kata dan Frasa.
  • Salah satu cara agar konten anda menuju pada satu topik adalah dengan mengulangi kata dan frasa yang sama. Tidak hanya sekali atau duakali akan tetapi beberapa kali pengulanganya. Perlu diingat bahwa jangan pernah  'memaksakan'. Terkadang hal tersebut membuat isi dari konten menjadi diluar topik yang sedang dibahas.
  • Batasi Jumlah Kata.
  • Hampir sama dengan membuat judul, sebuah konten juga perlu batasan jumlah kata. Paling tidak setiapbagian mengandung 3 -4 paragraf, hanya mengandung 6 - 8 baris setiap paragraf, dan 13 - 15 kata pada setiap barisnya, Bertujuan agar konten nyaman untuk dilihat.
  • Pisahkan Setiap Bagian .
  • Terkadang pada setiap artikel membutuhkan pembahasan yang sangat penjang. Agar mengurangi kenyamanan pengunjung pada saat membaca, bisa dikarenakan monitor hanya berukuran kecil dan konten tidak bisa terlihat dengan jelas, namun ada cara mengurangi konten yang buruk, bisa menggunakan sub heading, foto, ruang kosong dan potongan dari konten yang dibuat quote.

4. Heading Heading adalah format teks yang umum digunakan untuk menandai suatu bagian artikel. Saat anda menambahkan heading size 1 - 3 (h1-h3). Hal ini memberikan nilai pada arikel yang dinilai penting.

Apa saja Bagian-bagian Heading ?


  • H1, heading1 umum digunakan untuk penanda topik utama.
  • H2, heading2 umum digunakan untuk sub topik.
  • H3, heading3 umum digunakan untuk menerangkan rincian dari sub topik.

Intinya Heading bertujuan lebih untuk memudahkan pengunjung membaca keseluruhan isi dari artikel. Jika menggunakan heading di setiap bagian isi dari konten bisa dipisah sesuai dengan topik masing- masing.

5. Gambar.
 Ini adalah komponen terakhir yang termasuk kedalam cara optimasi SEO On Page. Daya tarik dari sebuah konten adalah adanya gambar yang membuat tampilan artikel kita terlihat segar. Tidak bisa dibayangkan jika semua konten hanya teks saja dan tidak ada gambar samasekali. Tentu hal seperti itu sangat membuat pengunjung bosan untuk beberapa orang yang tidak terlalu suka untuk membaca.

Gambar dalam postinganpun sangat membantu saat konten yang sedang diarahkan ke sebuah topik panduan. Biasanya pengunjung lebih suka melihat konten Gambar daripada tidak, karena lebih mudah diikuti dan lebih SEO untuk dipandang.

Bagaimana cara menggunakan gambar yang SEO ?


  1. Gunakan gambar sesuai dengan topik.
  2. Ganti nama gambar yang mengandung kata kunci.
  3. Tidak menggunakan gambar dengan ukuran terlalu besar, bisa dengan gambar beresolusi tinggi namun dengan ukuran yang tidak terlalu besar.
  4. Gunakan alternatif teks pada gambar.
  5. Jangan menggunakan gambar berisi Hak Cipta.

Cara Optimasi SEO Off Page


SEO Off Page sangat berpengaruhbagaimana SEO Bekerja. Elemen SEO ini digunakan oleh mesin penelusuran untuk menentukan bagaimana yang cocok untuk ditampilkan.

Mesin Pencarian menggunakan authority untk menentukan konten mana yang mempunyai kualitas baik. Selain itu Backlinks atau link sumber dari situs lain juga mempunyai peranan penting dikarenakan untuk menjadikanya sinyal kepercayaan untuk mesin pencarian.

Apa saja keuntunganya :
  1. Meningkatkan peringkat SERP : SERP merupakan singatan dari Search Engine Result page, yang artinya halaman hasil pencarian dengan kata kunci di mesin pencari.
  2. Meningkatkan page rank halaman web atau website : pagerank adalah sebuah algoritma yang sudah dipatenkan yang berfungsi menentukan  situs web mana yang lebih populer.
  3. Mendapatkan lebih banyak unique visitor website : Unique Visitor merupakan jumlah pengunjung dalam satuan IP dalam kurun waktu tertentu.
  4. Reputasi website meningkat : Optimasi SEO ini tepat dan dapat secara signifikan dalam meningkatkan reputasi situs anda oleh mesin pencari.

Faktor Seo Off Page.


Pada intinya SEO ini yang diutamakan adalah penyebaran link artikel atau situs anda ke seluruh jaringan internet. Ini akan menghasilkan situs anda terbangun atau bisa disebut backlink.

    Share with your friends

    Add your opinion
    Disqus comments
    Notification
    This is just an example, you can fill it later with your own note.
    Done