Pengertian Page View, CPC, CTR, RPM dalam Adsense - OOKINFO
News Update
Loading...

9/07/2019

Pengertian Page View, CPC, CTR, RPM dalam Adsense

 

ookinfo.com - Jika kita tau apa itu adsense maka kita akan mengenal istilah yang sering kita jumpai ketika kita ingin memantau perkembangan penghasilan adsense pada akun kita, Beberapa istilah itu adalah Page Impression, CPC, CTR, CPM, dan eCPM, istilah tersebut adalah informasi yang diberikan Google Adsense untuk para Publisher, yang bersangkuttan dengan pendapatan mereka.


1. Page View

Page View atau disebut dengan Page Impression dalam bahasa indonesianya "Tampilan Halaman", adalah jumlah yang ditunjukan berapa kali iklan ditampilkan oleh pengunjung pada blog kita, jika kita menempatkan ikklan dengan jumlah 3 pada 1 halaman dan kemudian halaman tesebut tampil sebanyak 10 kali maka page impression tetap saja adalah 10.

2. Click

Untuk mendevinisikan klik yang berkaitan dengan unit iklan adsense adalah bahwa klik disini total dari jumlah klik yang diakumulasikan dari perolehan setiap unit iklan adsense yang kita pasang.

3. CPC

CPC singkatan dari Cost Per Click adalah biaya yang ditawarkan oleh advertiser(sipemasang iklan) untuk setiap klik iklanya. Semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar pula peluang kita untuk mendapatkan dolar dari iklan tersebut. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi sebuah CPC diantaranya adalah jumlah klik dalam halaman, jenis iklan(Type Iklan), sumber pengunjung dan sebagainya.

4. CTR

CTR singkatan dari (Click Through Rate) adalah hasil perbandingan dalam bentung persen untuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan yang tampil, misalkan iklan yang tampil sebanyak 1000 kali, kemudian iklan tersebut mendapatkan 10 klik maka dirumuskan (10/1000x100%)=1%, berarti nilai CTR untuk iklan tersebut adalah 1%.

5. RPM

RPM singkatan dari Revenue Per Thoushand Impression yang artinya adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman per-1000 yang ia dapatkan dari iklanya tersebut.

Misalnya, Publisher telah menghasilkan $200 dari 50.000 impresi akan memiliki nilai CPM sebesar $4, dirumuskan sebagai berkut :
Jumlah Penghasilan / (Impresi/1000)
(200 / (50.000 / 1000) = 200 / 50 = 4

6. Estimated Earning

Perkiraan jumlah penghasilan yang diperoleh dari iklan adsense kita dari iklan yang kita pasang, nilai Estimated Earning adalah hasil kali antara jumlah klik dengan CPC, semakin besar nilai CPC maka hasil Estimated Earning akan besar.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done