Bab 1 : Mengintegrasikan SDK Iklan Seluler Google Admob - OOKINFO
News Update
Loading...

9/07/2019

Bab 1 : Mengintegrasikan SDK Iklan Seluler Google Admob


ookinfo.com - Panduan Android ini admin buat untuk penerbit yang ingin memonetikasi aplikasinya dengan iklan Admob dari google. Bab ini admin tidak langsung menjelaskan ke bab pemasangan iklan Banner, interstitial, dan Video Reward, karena akan membuat anda bingung bagaimana atau mulai dari mana. Bab ini adalah Bab 1 yaitu Cara Mengintegrasikan  SDK Iklan Seluler Google Admob.


Mengintegrasikan SDK Iklan Google ke dalam aplikasi anda adalah hal paling pertama yang harus anda lakukan sebelum melanjutkan ke Bab berikutnya. Berikut adalah persyaratan yang harus anda miliki :

Persyaratan


  • Memiliki Android Studio 3.2 atau yang sudah lebih baru.
  • minSDKVersion harus disetting diatas angka 14.
  • compileSdkVersion adalah 28 atau versi yang lebih barunya.
  • Sudah Memiliki akun Google Admob, dan membuat Aplikasi berikut Unit Iklanya.

Pengerjaan


Pastikan anda sudah menginstall android studio, dan silahkan buka android studio anda, disini admin menggunakan android studio 3.2.1 . Bagi anda yang memiliki versi terbarunya tidak apapa, semua yang dijelaskan masih bisa beraku dan dapat dipraktekan.


Kita bisa lihat gambar diatas adalah Loading Android Studio, admin jelaskan untuk menjalankan dan mempraktekan panduan ini disarankan anda memiliki konseksi internet, tidak usah khawatir penggunaan data pada android studio ini tidak memakan lebih dari 30 MB(Asalkan semua yang diperlukan pada android studio sudah anda update dan melengkapinya yang perlu disarankan oleh android studio itu sendiri).

Setelah Proses loading selesai anda akan dibawakan ke menu beranda, silahkan pilih menu yang ditunjukan pada Nomor 1. Lihat Gambar Dibawah ini :


Setelah itu anda akan dibawakan ke form pertama untuk mengisi identitas aplikasi yang akan anda buat.

Aplication Name yang ditunjukan pada nomor 1 adalah bagian untuk memberi nama pada aplikasi kita, silahkan isi sesuai yang anda inginkan, wajib diisi tapi tidak perlu terlalu panjang.

PackageName yang ditunjukkan pada nomor 2 adalah tanda tangan penamaan pada aplikasi anda, jika ingin dibiarkan default abaikan saja, namun untuk menggantinya silahkan klik edit dan isikan package name tersebut sesuai yang anda inginkan.

Klik Tombol Next yang ditunjukan pada nomor 3, jika semua sudah selesai, Lihat pada Gambar dibawah :


Pada form pertama sudah anda selesaikan dan setelah itu anda menekan tombol Next, maka anda akan diarakan ke form kedua, Pada Form Kedua ini anda akan mengisi/memilih minimumSdkVersion dimana yang admin jelaskan minimal adalah SDK 14, yang admin praktekan adalah versi 21 karena pada umumnya pengguna android memiliki OS minimal Lolipop, tapi itu tergantung anda, asalkan tidak kurang dari angka 14.

Phone and Tablet yang ditunjukan pada nomor 1 silahkan anda isi, jika selesai silahkan klik tombol Next. Silahkan lihat gambar Dibawah ini :


Form kedua sudah anda selesaikan maka kita akan melanjutkan ke form 3, di form ini anda akan dibuat bingung dengan sebuah activity, tapi dengan tutorial ini admin menjelaskanya dari nol, maka anda hanya memilih Empty Actifity yang ditunjukan pada nomor 1, selanjutnya anda hanya tingal klik next saja yang ditunjukkan pada nomor 2. Lihat gambar dibawah ini :


Selanjutnya kita akan dibawakan lagi ke form 4, tenang saja ini adalah form terakhir.
Activity Name yang ditunjukan pada nomor 1 adalah form yang harus anda isi tapi bisa juga anda biarkan default, bagian ini adalah penamaan file .Java.

Layout Name yang ditunjukkan pada nomor 2 ini adalah penamaan layout dari pengimplementasi sebuah file .java, silahkan beri nama sesuai yang anda inginkan tapi bisa anda biarkan default. Disarankan tidak membedakan nama file ,java dan layout pada form ini, namun harus dibedakan dalam penulisan, maksudnya adalah penamaan file .java diwajibkan menggunakan hurup kapital di awal huruf, namun untuk layout anda diwajibkan untuk tidak menggunakan kapital.

Selanjutnya Klik Next yang ditunjukan pada nomor 3. Lihat pada gambar dibawah ini :


Alhamdulillah, form pengisian dalam proses pembuatan aplikasi ini sudah diselesaikan, setelah anda menekan Next, anda akan disuruh menunggu dan pastikan koneksi internet anda aktif, Proses ini dinamakan Prosessing Gradle dan Syncrone Gradle, tergantung spesifikasi komputer / laptop anda dan juga kecepatan internet anda, jika yang disebutkan itu bagus maka proses ini akan berjalan cepat.

Import SDK Iklan Seluler


Langkaah ini admin sebut langkh lanjutan, langkah sebelumnya adalah langkah bagaimana anda memulai android studio, Langkah ini bertujuan untuk mengimport SDK Iklan Seluler Google dengan bergantung pada sebuah file Gradle, Silahkan double click yang ditunjukkan nomor 1 dan nomor 2, maka anda akan dibawakan ke page gradle.

Pada page ini kita akan mensyncrone Repository Google, Lihat Code dibawah ini dan isi pada yang ditunjukan di nomor 3 dan nomor 4.

allprojects {
    repositories {
      google()
      jcenter()
   }
}

Tambahkan atau arahkan google() seeperti code diatas jika belum ada pada gradle anda dan klik Sync Now, tapi jika sudah ada silahkan skip langkah ini. Lihat gambar dibawah ini :


Selnjutnya kita akan membuka File Gradle lainya tapi ini adalah gradle tingkat aplikasi, Silahkan double click yang ditunjukan nomor 1 lalu nomor 2 dan anda akan dibawakan ke page Gradle Aplication, di page ini kita akan mensyncrone sebuah Implement yang dibutuhkan untuk SDK Iklan Seluler ini.

Silahkan Copy Paste Code dibawah ini, dan terapkan pada nomor yang ditunjukan pada nomor 3. Lalu klik Sync yang ditunjukan nomor 4. Sync ini perlu koneksi internet.

implementation 'com.google.android.gms:play-services-ads:18.0.0'
implementation 'com.google.android.gms:play-services-measurement:17.0.0'
implementation 'com.google.android.gms:play-services-measurement-sdk:17.0.0'

Lihat Pada Gambar Dibawah Ini :


Disini anda telah melakukan Import SDK yang diperlukan, Setelah melakukan Sync kita akan melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu memperbarui AnroidManifest.xml dengan menambahkan script meta.

Perbarui AndroidManifest.xml

Silahkan tambahkan Script Meta dibawah ini di bawah code <application> atau sebelum </application> .

<meta-data
android:name="com.google.android.gms.ads.APPLICATION_ID"
android:value="ID-APP-ANDA"/>

Silahkan Ganti tulisan ID-APP-ANDA dengan id Aplikasi admob anda. Cara membuka page Android Manifest silahkan anda double click nomor 1 dan nomor 2, kemudian Paste / tempelkan code diatas ke Nomor 3, yang admin praktekan disini menggunakan id Test Google. Lihat Gambar Dibawah ini :


Setelah langkah dalam pengisian meta, maka kita melakukan langkah terakhir dimana kita akan memasukan Inisialisasi SDK Iklan Seluler, dimana kita wajib untuk membaca setiap aktifitas iklan kita pada sebuah activitas di file java tersebut.

Inisialisasi SDK Iklan Seluler


Inisialisasi perlu dilakukan hanya 1 kali yaitu hanya pada peluncuran awal aplikasi dibuka aau dijalankan. Silahkan buka Activity java yang sudah kita buat, Silahkan Double Click nomor 1 , nomor 2 lalu nomor 3 dan kita telah membuka tab activity java yang akan kita beri Inisialisasi.

Pada nomor 4 kita harus mengimport library.nya dulu, silahkan copy paste code dibawah ini :

import com.google.android.gms.ads.MobileAds;

Lalu pada yang ditunjukan nomor 5 silahkan masukan code dibawah ini:

MobileAds.initialize(this, "ca-app-pub-3940256099942544~3347511713");

Perlu diingatkan bahwa admin menggunakan id Test Google, silahkan ganti dengan id anda. Lihat Gambar Dibawah ini :


Sampai Langkah ini anda sudah menyelesaikan Bagaimana Mengintegrasikan SDK Iklan Seluler Google Admob pada Android Studio. Silahkan beri komentar maupun pertanyaan yang mungkin admin bisa membantu bila ada masalah Bab 1 ini. Semoga Bermanfaat .

Bab 1 : Mengintegrasikan SDK Iklan Seluler Google Admob

BAB 2 : Cara Mengimplementasikan Banner Iklan Admob

BAB 3 : Cara Mengimplementasikan Interstitial Iklan Admob di Android Studio

BAB 4 : Cara Mengimplementasikan Video Reward Iklan Admob di Android Studio

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done